Senin, 29 Agustus 2011

My reason why i love bepe :*


Foto yang paling gw suka :*

Awal mula kisah dan alasan mengapa gw sangat mengidolakan seorang kapten BAMBANG PAMUNGKAS :)

Pertama, gw termasuk pribadi yang kurang tertarik didunia sepakbola terutama sepakbola Indonesia, karena seperti yang kita ketahui bersama sepakbola Indonesia identik dengan ricuh antar suporter. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan gw kenapa gw lebih memilih menyukai bulu tangkis dibanding sepakbola. 

Tiga tahun yang lalu tepatnya bulan Agustus 2008 saat gw sedang melihat sebuah acara stasiun tv dan ada siaran timnas melawan kamboja pada turnamen piala kemerdekaan. Pertama kalinya bagi gw untuk melihat timnas Indonesia bertanding, meskipun hanya di layar kaca :) . Tapi saat itu, entah ada suatu rasa yang tiba - tiba terasa banget di hati gw. entah itu sebuah rasa nasionalisme atau perasaan sesaat karena pertama kali lihat timnas. Salah satu faktor yang membuat gw satu orang yang membuat gw tertarik akan timnas karena ada seseorang pemain timnas yang tiba - tiba seakan mengikat gw dan mata gw terpaku untuk tetap memperhatikan gerak - geriknya dalam pertandingan. Mulanya gw sendiri gak kenal siapa dia, namun selanjutnya para komentator menyebutkan satu nama yaitu Bambang Pamungkas

Rasa penasaran gw dengan sosok bepe gak berhenti sampai disitu. Akhirnya untuk pertama kali gw nonton liga bola Indonesia dan menemukan sosok bepe di club bernama PERSIJA. Karena sering nonton persija, gw jadi mulai tertarik sama club ini. Meski gw bukan anggota pendukung Persija , tetapi gw tetep suka cari informasi tentang persija hingga detik ini.  Gw mulai tau kalo ternyata hanya satu club di Indonesia yang bepe bela yaitu Persija, selain itu dia main di club luar negri. Pernah maen di salah satu club raksasa di Malaysia, Selangor FC. Bersama Selangor FC, bepe membawa club ini menjuarai liga Malaysia dan menjadi pemain terbaik di liga Malaysia. Dia juga pernah main salah satu club di Belanda EHC Norad.  
Bukit Jalil Stadium 2007
Pemain Terbaik di Malaysia 2007
Sampai – sampai karna keseringan nonton Persija tiap tanding (re: meski cuma di tv ), gw hafal nama pemainnya, pelatih, managernya :D Kisah musuh bebuyutan antara Persija sama Persib pun gw tau, gila gak tuh :D Terus karna tiap lawan club lainnya, gw tau nama pemainnya club lain , supporter club lain, sampai wasitnya juga J widiiiiiiiih hebat kan gw??? :p Sebuah kemajuan yang besar menurut gw, dari mulanya yang gak suka sama bola Indonesia sampai tau seluk beluknya. Meski cuma dibilang baru 3 tahun kali ya gw bergelut dengan informasi seputar bola Indonesia, tapi gak sia – sia gw mulai ngerti juga loh posisi main, strategi club ( re: format pemain ), sama aturan main bola. Gak sia – sia kan, kalo ulangan olahraga seenggaknya bisa jawab :D

Bepe adalah salah satu legenda sepakbola Indonesia. Dia mempunyai tendangan yang akurat, naluri gol yang tinggi, striker haus gol, dan tentunya lompatan tinggi. Sampai - sampai salah satu surat kabar di Malaysia menjulukinya " The Killer Header " atau lompatan maut. Meski hanya 168 cm, tetapi dia mempunyai lompatan yang tinggi sehingga sering mencetak gol melalui heading. Bepe juga masih merupakan salah satu striker yang ditakuti kiper sampai detik ini. Oh ya, selain karena reputasi dan nama besarnya di legenda sepakbola Indonesia, gw juga menyukai seorang bepe karena mukanya J maklum lah ya, namanya juga cewek loh? :D Tau gak, pas dia muda itu sumpah deh gak bohong ganteng le. Sampai detik ini mungkin kalo ditanya, gw lebih bisa bilang dia itu berwibawa( kenyataan sih ). Agak nyesel juga sih, baru kenal bepe saat umur dia 28 tahun kalo gak salah L coba gw kenal dia dari dia muda, wiiiiiiiih tambah freak mungkin :p Karena sadar umur dia yang udah gak lagi bisa gw bilang muda, dan dia juga udah punya istri jadi gw bisa anggap dia sebagai abang gw :D *coba kalo masih masih muda, gw bilang pacar gw hahhah :D
Ganteng kan? :D



Pake baju formal tambah ganteng :*
Faktor ketiga, adalah karena cara berfikir dan sikap dia. Dia pribadi yang bijaksana, optimis, selalu positive thinking , sabar, jiwa social tinggi, jiwa kepemimpinan, bertanggung jawab, fair man, dan yang terpenting loyalitas dia yang gak mesti diraguin lagi. Mulanya gw sempet berpikir, kayaknya dia termasuk tipikal sombong karena jarang sekali gw temui dia diwawancara . Ternyata alasannya cukup logis, dia lebih nyaman kalo wawancara lewat email jadi gak takut salah kasih statement, dan kalo misalnya ada hasil wawancara yang beda, bisa dibandingkan dengan aslinya (wawancara lewat email). Oh ya, satu motivasi dia yang jadi motivasi buat diri gw sendiri adalah “ Jangan pernah berhenti untuk bermimpi karena kelak mimpimu akan menjadi kenyataan” .

Saat penampilan dia menurun, produktivitas mencetak gol juga menurun baik di timnas maupun di club, berjuta orang mengkritik dan mencacinya. Tau gak gimana perasaan gw saat itu? Sedih, sumpah rasanya gak tega. Mau gimana pun dia juga manusia kali, kadang ada kesalahan atau kekurangan. Dia bukan dewa yang tiap saat tampil cemerlang, adakalanya dia menurun . ketika dia sedang menurun, disitulah bukti kalo seorang pendukung sejati gak akan ninggalin seorang tokoh yang selama ini dikaguminya. Justru dia akan lebih memberi support kepada tokoh idolanya, begitupula dengan gw. Apapun yang terjadi, bagi gw bepe tetep yang nomor 1. Gak peduli gw orang mau ngomong apa tentang bepe, yang jelas dengan lantang gw ucapin kalo captain Bambang Pamungkas adalah idola gw !

Soal loyalitas bepe yang sempet gw sebut diatas, memang gak perlu diraguin oleh siapapun. Tau gak, bepe main di Persija udah kurang lebih 10 tahun. Satu – satunya club di Indonesia yang dia bela sampai detik ini hanya Persija Jakarta. Mau tau alasannya ? menurut bepe, apabila suatu saat dia main untuk club lain ( selain Persija) dia gak akan kuat untuk bertanding dengan Persija saat waktunya tiba. Karena bersama Persija , nama dia dibesarkan dan mencapai kesuksesannya hingga saat ini. Bepe juga udah jadi icon sendiri untuk Persija Jakarta, jadi rasanya janggal banget kalo suatu saat bepe main untuk club lain. Sempat suatu hari ( tepatnya lupa tahun berapa ) club Selangor meminta bepe untuk main lagi disana, tapi tau keputusan dia apa? Dia tetep memilih untuk bermain bersama Persija Jakarta. Club yang amat sangat dia cintai, dan ketika Persija mengalami masalah financial, dia rela bayaran dia dimusim yang baru lebih kecil dibanding musim sebelumnya. Semua hanya karena loyalitas dia yang begitu besar. Demikian juga loyalitas dia untuk timnas Indonesia. Meski banyak orang mencaci dia, dan meminta dia untuk berhenti main ditimnas tau gak apa jawabannya apa?

“Kemampuan saya mungkin akan berangsur surut seiring dengan berjalannya waktu. Ketajaman saya sebagai seorang striker mungkin lambat laun akan memudar seiring dengan berkembangnya permainan sepakbola itu sendiri, akan tetapi TIDAK dengan komitmen dan dedikasi saya kepada tim merah – putih. TIDAK AKAN PERNAH BERUBAH.”

Tau sendiri kan, betapa besar loyalitas dia kepada timnas yang gak perlu diraguin lagi. Tahukan kalian kalo bepe sendiri pernah bilang, dia akan setia memenuhi panggilan timnas kapan pun itu tepat waktunya, karena dia berjanji untuk mendedikasikan dirinya untuk timnas Indonesia.satu kutipan dari bepe tentang kecintaanya kepada timnas.

“Cepat atau lambat jersey merah – putih ini pasti akan tanggal dari badanku. Akan tetapi satu hal yang pasti, lambang garuda itu akan tetap melekat di dada kiriku, tinggal disana sampai akhir hayatku.”

Apabila ditanya kapan dia akan pension di timnas?  Jawabanya sederhana, apabila seorang pelatih mengatakan tenaga dia sudah tidak diperlukan lagi maka dengan sendirinya dia akan berhenti untuk bermain di timnas. Sosok yang berwibawa, bijaksana, dan bertanggung jawab serta bisa dijadika panutan bagi rekan – rekannya yang lain menjadikan dia sebagai kapten baik di timnas maupun di persija. Hal ini terbukti dengan sikap dia yang tercermin sebagai seorang pemimpin baik didalam lapagan maupun di luar lapangan, dan yang lebih penting lagi sosok pemain yang menjunjung tinggi kata “fair play” dalam setiap pertandingan. Satu hal lagi, meski dia dibilang sebagai pencetak gol terbanyak di timnas sampai detik ini, dia tetap merasa sebagai generasi gagal karena tidak bisa mengantarkan Indonesia untuk mendapat gelar di kompetisi apapun, terutama piala AFF kemarin. Ketika digelarnya piala AFF 2010, bepe sempat menulis di account twitternya.

“One faith, one flag, one mission, one heart, and one love for INDONESIA.”
Bepe bersama Irfan Bachdim

Bambang senior vs Bambang junior :p
Mencetak gol saat vs Thailand :)
Bepe juga baru meluncurkan sebuah buku berjudul " Bepe20 Ketika Jariku Menari " . Buku ini berisi tentang perjalanan karir dan pengalaman bepe selama di sepakbola, yang biasa dia tulis diblognya. Namun dia memutuskan untuk menjadikannya sebuah buku atas ide dari temannya. Hasil penjualan buku ini 100 % disumbangkan untuk anak - anak kanker dan HIV/AIDS. Meskipun dia sibuk dengan karirnya di sepakbola, namun dia tetap tidak melupakan kodratnya sebagai manusia yang butuh untuk bersosialisasi. Hal ini menunjukkan betapa besar kepedulian dan jiwa sosial seorang bepe kepada anak - anak kanker dan HIV/AIDS.

Bukunya :)
Kalo di jelasin pake kata – kata tentang alasan mengapa gw begitu menyukai seorang bepe gak aka ada habisnya, tapi yang jelas sosok bepe di mata gw begitu sempurna baik secara prestasi atau pun karakter dia pribadi. TERSERAH orang mau bilang apa tentang bepe, tapi yang jelas Captain, you are my motivator. Keep spirit :D Love you anymore :* Wish Indonesia winner in next match vs Iran. AMIN :D
Bepe bersama Cesc Fabregas :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar