Senin, 05 September 2011

Review 5 cm


Assalamualaikum J
Selamat malam buat semuanya J

Hari ini tiba – tiba aja semua rasa kangen kenangan masa lalu gw muncul. Banyak hal sebenarnya yang mau gw tuliskan hari ini, tapi dalam tulisan kali ini gw lebih milih mau ceritakan soal satu buku. Yaaaa, satu buku yang LUAR BIASA ! ( menurut gw ) . Buku itu adalah “ 5 cm “ . Gw yakin lu semua udah tau soal buku ini. Buku yang bisa membuat semua orang berimajinasi tinggi, membayangkan kondisi sebenarnya dari alur yang mengalir. Buku yang kasih banyak pesan moral untuk kita. Buku yang membuat kita percaya akan mimpi dan keyakinan. Buku yang LUAR BIASA HEBAT !!!

Oh ya, seperti yang kalian ketahui bahwa gw adalah salah satu anggota pecinta alam di sekolah yang biasa disebut galaspala ( Tiga Belas Pecinta Alam ). Nah, dari namanya aja udah ketahuan kan, kalo kami bisa dibilang sekumpulan anak dibidang petualangan (adventure) *gayabangetkesannya :p Yaaa tapi memang beneran kok. Kerjaan kita apalagi kalo gak berhubungan dengan alam ( namanya juga pecinta alam ) loh? Apa hubungannya?? Jadi gini biar gw jelasin. Kegiatan Galaspala memang kebanyakan outdoor gitu contohnya kayak hiking, climbing, repling, dkk. Nah terus kenapa jadi curhat?? Apa hubungannya sama 5 cm? *Cerita 5 cm ini bakal berhubungan sama Galaspala, karena memang cerita yang sebenernya. Gak gw buat – buat kok J

Adventure :)
Sebelum gw masuk Galaspala, gw udah sempet baca buku 5 cm ini saat gw kelas 3 SMP. Pertama kali gw baca, sumpah gw takjub. Gw dapet buku ini dari buku yang dipinjem kaka gw . Kaka gw sendiri salah satu anggota Galaspala. Jadi karena gw suka lihat kegiatan dia, gw jadi makin tertarik sama kegiatan petualangan. Dan itu salah satu alasan gw masuk galas. Buku ini sangat berkesan buat gw, dan gw mau ngerasain sama kayak di 5cm.

Saat pendakian perdana, malam hari waktu pertengahan bulan Agustus 2009 Gw bersama anak Galaspala lainnya melakukan pendakian ke Gunung Mas ( ujung – ujungnya tembus ke Taman Pangrango ). Saat itu yang bisa ikut cuma Gw, Hana, Nisa, dan Timbul. Saat nunggu bus P8, Kami berempat ditambah Agus ( alumni gw ) duduk sambil ngobrol. Nah disinilah dimulainya cerita 5 cm. Gw mulai cerita soal buku ini, dan Agus ternyata tau soal buku ini juga. Kami sangat terkesan dengan buku 5 cm, buku yang sangat luar biasa. Nah setelah kata 5 cm itu terdengar oleh teman – teman gw yang lain, mereka pun mencari buku 5 cm ini.

Setelah teman – teman gw yang lain di Galaspala ini membaca buku 5 cm, kita mulai terikat dalam sebuah pembicaraan yang cukup serius. Kami sempat mengucapakan sebuah janji, kalo saat kami libur UN kelas 3 nanti, kami akan mengadakan pendakian ke Gunung Semeru. Yaaa, kami membayangkan semua yang akan kami lewati saat pendakian, akan kami buat seperti di 5 cm. Naik kereta dari Jakarta – Malang, dilanjut dengan Jip dan dimulailah pendakian. Itu janji kami 2 tahun yang lalu. Buku 5 cm ini yang membuat kami yakin atas mimpi kami itu, dan kami akan menggapainya suatu saat nanti.

Ketika waktu itu hampir tiba, tanpa kami sadari saat ini kami duduk di kelas 3 SMA yang berarti sebentar lagi waktunya kami menepati janji kami untuk melakukan pendakian itu. Janji yang kami ucapkan 2 tahun yang lalu, hanya karena sebuah rasa kagum atas petualangan yang diceritakan dari sebuah buku . Kami mulai menata semua persiapan yang akan kami siapkan dari jauh – jauh hari. Jujur, saat Puncak Semeru itu terlintas dibenak , gw merasakan rasa kangen yang luar biasa. Kangen akan mimpi- mimpi kami dulu. Semoga saat waktunya tiba, mimpi itu akan jadi kenyataan dan terjadi dengan begitu indah. AMIN J


Oro - oro ombo





Ranu Kumbolo saat mentari telah bersinar :)
Mahameru :)
Ranu Kumbolo saat pagi masih menggigil :)
Daun beku saking dinginnya :)

Tahukah kalian, hanya bermodalkan rasa kagum dari sebuah buku 5 cm, kami berani melontarkan mimpi kami untuk merasakan pendakian ke puncak Gunung Semeru. Gunung tertinggi di Pulau Jawa. Kami sempat berhayal, saat kami pijakkan kaki kami diatas puncak Semeru, ini berarti kami berada diatas tanah tertinggi se-pulau Jawa. Kami berada diatas awan. Yaaaa diatas awan ! Suatu hal yang sangat kami impikan hingga detik ini. Diatas puncak tertinggi, bersama saudara- saudari tercinta J

Ternyata, saat gw ceritakan soal mimpi gw ini ke teman – teman gw yang lainnya, banyak dari mereka ( yang telah membaca 5 cm ) meminta ke gw untuk mengajak mereka ikut serta dalam pendakian ke Semeru. Gak nyangka, ternyata gak Cuma gw dan teman – teman gw di Galaspala yang biasa berkutat dengan hiking yang ingin merasakan suasana Mahameru. Banyak teman gw yang lain ( yang bisa gw katakana tidak biasa berhubungan dengan hiking ) justru juga punya antusias yang tinggi untuk bisa sampai ke Puncak Mahameru. Bayangkan ! Betapa hebatnya seorang penulis 5 cm ini yang bisa membuat semua orang ingin sekali merasakan pendakian ke Puncak Mahameru. Kepintarannya dalam melukiskan suasana pendakian yang terkesan nyata dalam bentuk cerita. Tulisan yang tidak hanya sebuah cerita belaka, namun sarat akan emosi pembaca dan menggugahnya untuk mencobanya. Tulisan yang penuh akan pesan moral. Tulisan yang menyadarkan kita akan mimpi – mimpi yang dapat kita capai. Mimpi yang seakan begitu mudah kita capai, hanya karena modal kepercayaan bahwa itu akan menjadi kenyataan. Berikut salah satu pesan moral yang gw suka dari 5 cm.

Taruh mimpi - mimpi kamu, cita - cita kamu, keyakinan kamu,
apa yang kamu mau kejat . . .
Kamu taruh disini.. .jangan menempel di kening
Biarkan . . .
dia . .
menggantung . .
mengambang  . .
5 centimeter . .
di depa kening kamu . . .
Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu
Da kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari,
kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.
Apapun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri,
kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu NGGAK BISA menyerah.
Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh,
bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu,
segala keinginan, mimpi, cita - cita , keyakinan diri . .
Biarkan keyakinan kamu, 5 centimetermenggantung mengambang di depan kening kamu.
( 5 cm : Donny Dhirgantoro )

Karna kata – kata itu, gw yakin kalo suatu hari nanti gw bersama saudara-saudari gw bisa bersama – sama 
menginjakkan kaki kami dia puncak Mahameru. Yaaaaaa suatu hari nanti . . .

Dan . .
sehabis itu yang kamu perlu. . .
Cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya
Tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya
Mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya
Lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja
Dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya . .
Serta mulut yang akan selalu berdoa  . .
( 5 cm : Donny Dhirgantoro )


 Judul          : 5 cm
Penulis             : Dony Dhirgantoro
Penerbit            : Grasindo
Tahun terbit       : November 2007
Tebal Buku        : 381 halaman

Ayo silahkan yang belum baca buku ini, silahkan dicari bukunya J Rasakan sensasinya saat kata demi kata yang tertulis masuk kedalam lubuk hati kalian :D Percaya deh, pasti kalian akan punya opini sendiri tentang buku ini. Enjoy guys J



Tidak ada komentar:

Posting Komentar